Laman

Kamis, 23 Maret 2017

Semua tentang menstruasi

Semua tentang menstruasi


Menstruasi adalah perdarahan bulanan pada wanita. Ketika Anda berdarah, tubuh Anda gudang lapisan rahim (rahim). Pelajari bagaimana siklus menstruasi bekerja dan apa yang harus dilakukan jika Anda periode sakit atau tidak teratur.



Apa menopause?

Menstruasi adalah perdarahan bulanan pada wanita. Ketika Anda berdarah, tubuh Anda gudang lapisan rahim (rahim). darah menstruasi mengalir dari rahim melalui lubang kecil di leher rahim, dan melewati keluar dari tubuh melalui vagina (lihat bagaimana siklus haid bekerja di bawah). Kebanyakan periode berlangsung dari 3 sampai 5 hari.

Baca juga : Cara melancarkan haid

Apa siklus menstruasi?

Ketika tahap (menstruasi) datang secara teratur, hal itu disebut siklus menstruasi. Memiliki siklus menstruasi yang teratur merupakan tanda bahwa bagian penting dari tubuh Anda bekerja secara normal. Siklus menstruasi menyediakan bahan kimia penting dalam tubuh, yang disebut hormon untuk menjaga Anda tetap sehat. Hal ini juga mempersiapkan tubuh Anda untuk kehamilan setiap bulan. Siklus dihitung dari hari pertama ke 1 selama hari pertama musim depan. Rata-rata siklus menstruasi 28 hari yang panjang. Siklus mencakup mana saja 21-35 hari pada orang dewasa dan 21-45 hari remaja muda.

Naik turunnya hormon selama bulan untuk mengontrol siklus menstruasi.

Apa yang terjadi selama siklus menstruasi?
Pada paruh pertama dari siklus, tingkat estrogen (yang "hormon wanita") mulai bangkit. Estrogen memainkan peran penting dalam menjaga Anda sehat, terutama dengan membantu Anda membangun tulang yang kuat dan membantu menjaga mereka kuat seiring bertambahnya usia. Estrogen juga lapisan uterus (rahim) tumbuh dan menebal. lapisan ini dari rahim adalah tempat untuk memelihara embrio jika kehamilan terjadi. Pada saat yang sama untuk menutupi perut yang berkembang, telur, atau embrio, salah satu indung telur mulai matang. Pada hari 14 dari siklus 28-hari rata-rata, telur meninggalkan ovarium. Ini disebut ovulasi.

Setelah telur yang tersisa di ovarium, perjalanan melalui saluran telur ke rahim. kenaikan hormon dan membantu mempersiapkan lapisan rahim untuk kehamilan. Seorang wanita yang paling mungkin untuk hamil selama 3 hari sebelum atau hari ovulasi. Perlu diingat, wanita dengan siklus pendek atau lebih panjang dari rata-rata mungkin ovulasi sebelum atau setelah 14 hari.

Seorang wanita hamil ketika sel telur dibuahi dengan sel sperma pada seorang pria dan menempel pada dinding rahim. Jika telur tidak dibuahi, akan merusak. Kemudian, penurunan hormon, dan lapisan rahim menebal adalah gudang selama menstruasi.

Apa yang dimaksud dengan periode menstruasi khas seperti?
Selama periode Anda, Anda menumpahkan lapisan rahim menebal dan darah tambahan melalui vagina. Waktu Anda tidak akan sama setiap bulan. Hal ini juga mungkin berbeda dari wanita lain pada periode. tahap ini bisa ringan, sedang, atau berat dalam hal berapa banyak darah yang keluar dari vagina. Ini disebut menstruasi. Lamanya waktu bervariasi. Sebagian besar waktu akhir 3 sampai 5 hari. Namun, di mana saja dari 2 sampai 7 hari adalah normal.

Selama beberapa tahun pertama setelah menstruasi dimulai, siklus umum. siklus seorang wanita cenderung untuk mempersingkat dan menjadi lebih teratur dengan usia. Sebagian besar waktu, waktu yang lain 21 sampai 35 hari keluar.

Perempuan dapat memiliki berbagai masalah dengan periode mereka, termasuk nyeri, perdarahan berat, dan melewatkan waktu.

Amenore - kurangnya periode menstruasi. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan hilangnya musim:

  • gadis-gadis muda yang belum mulai menstruasi pada usia 15
  • Perempuan dan anak perempuan yang tidak memiliki periode selama 90 hari, bahkan jika mereka tidak memiliki menstruasi lama
  • Penyebab mungkin termasuk:
  • kehamilan
  • ASI
  • penurunan berat badan yang parah
  • gangguan makan
  • lebih
  • tegangan
  • kondisi medis serius yang membutuhkan pengobatan

Seperti di atas, ketika siklus menstruasi Anda selalu datang, itu berarti bahwa bagian-bagian penting dari tubuh Anda bekerja secara normal. Dalam beberapa kasus, tanpa menstruasi dapat berarti bahwa ovarium Anda telah berhenti memproduksi jumlah normal estrogen. Hilang hormon ini dapat memiliki efek penting pada kesehatan Anda secara keseluruhan. masalah hormonal, seperti penyebab sindrom polikistik ovarium (PCOS) atau masalah serius dengan organ reproduksi, mungkin terkait. Hal ini penting untuk berbicara dengan dokter jika Anda memiliki masalah.

Dismenore - periode yang menyakitkan, termasuk kram parah. kram menstruasi pada remaja disebabkan oleh terlalu banyak dari prostaglandin kimia yang disebut. Kebanyakan remaja dengan dismenore tidak memiliki penyakit serius, meskipun kram menjadi parah. Pada wanita yang lebih tua, rasa sakit kadang-kadang karena suatu penyakit atau kondisi seperti fibroid rahim atau endometriosis.

Untuk beberapa wanita, menggunakan bantal pemanas atau mandi hangat membantu meringankan kram mereka. Beberapa over-the-counter obat nyeri juga dapat membantu dengan gejala-gejala tersebut. Mereka termasuk:

  • Ibuprofen (eye-BYU-Proh fuhn) (misalnya, Advil, Motrin, Midol kram)
  • Ketoprofen (key-toh-Proh fuhn) (misalnya, Orudis KT)
  • Naproxen (nuh-prok Suhn) (misalnya, Aleve)

Jika obat-obat ini tidak mengurangi rasa sakit atau nyeri yang mengganggu pekerjaan atau sekolah, Anda harus ke dokter. Pengobatan tergantung pada apa yang menyebabkan masalah dan seberapa serius itu.

perdarahan uterus abnormal - perdarahan vagina yang berbeda dari menstruasi normal. Ini termasuk:

  • Perdarahan antara periode
  • Pendarahan setelah berhubungan seks
  • Bercak kapan saja dalam siklus haid
  • Perdarahan berat atau hari lebih dari normal
  • Pendarahan setelah menopause

perdarahan abnormal dapat memiliki banyak penyebab. Dokter Anda mungkin mulai dengan memeriksa masalah yang paling umum dalam kelompok usia Anda. Beberapa dari mereka tidak serius dan sulit untuk mengobati. Beberapa mungkin lebih serius. Pengobatan untuk perdarahan abnormal tergantung pada penyebabnya.

Remaja dan wanita dekat dengan menopause, perubahan hormonal menyebabkan panjang dengan siklus tidak teratur. Bahkan jika penyebabnya adalah perubahan hormonal, supaya kamu bisa mendapatkan pengobatan. Anda harus diingat bahwa perubahan ini dapat terjadi dengan masalah kesehatan serius lainnya, seperti fibroid rahim, polip, atau bahkan kanker. Temui dokter Anda jika Anda memiliki perdarahan yang abnormal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar